Selasa, 18 Februari 2014

Posted by Unknown
No comments | 17.58

Logo MPK SMA Negeri 1 Slawi adalah gambar seperti di atas terdiri dari bunga teratai berkelopak lima bertuliskan Majelis Perwakilan Kelas SMA Negeri 1 Slawi yang di dalamnya terdapat dua tangan terbuka, bunga sudut lima dan lima kelopak daun bunga, tujuh belas butir padi, delapan buah kapas, gerigi berjumlah empat dan lima garis kelopak bunga.

Makna Lambang:
1. Bunga teratai berkelopak lima berwarna biru melambangkan keberanian dan keadilan berdasarkan Pancasila. Warna biru melambangkan ketentraman dan kedamaian.
2. Tulisan Majelis Perwakilan Kelas SMA Negeri 1 Slawi menunjukkan nama organisasi dan tempat keberadaan organisasi tersebut.
3. Dua tangan terbuka melambangkan kesediaan menolong orang lain yang menunjukkan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggung jawab serta menunjukkan keterbukaan organisasi ini untuk menampung dan menyalurkan aspirasi dari warga sekolah. 
 4. Bunga sudut lima dan lima kelopak daun bunga melambangkan generasi muda adalah bunga harapan bangsa dengan bentuk bintang sudut lima menunjukkan kemurnian jiwa siswa yang berintikan Pancasila. 
5. Gerigi melambangkan tugas MPK yaitu mengkoordinasikan antara pengurus, majelis dan anggota. 
6. Tujuh belas butir padi, delapan buah kapas, gerigi berjumlah empat dan lima garis kelopak bunga melambangkan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia yaitu 17-8-45.

Arti warna:
1. Biru (Red:0, Green:166, Blue:216) berarti kejernihan, kedamaian dan ketenangan.
2. Hijau (Red: 79, Green:140, Blue: 13) berarti kesuburan dan kemakmuran.
3. Kuning (Red:247, Green:224, Blue:23) berarti kemuliaan, lambang kejayaan dan keluhuran.
4. Coklat (Red:165, Green:134, Blue:14) berarti warna tanah Indonesia, berpijak pada kepribadian dan budaya sendiri serta rasa nasional Indonesia.
5. Emas (Red:243, Green:192, Blue:0) berarti warna kehormatan / agung. Suatu kehormatan bila generasi muda diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan bermanfaat melalui organisasi, untuk kepentingan dirinya dan sesama mereka, sebagai salah satu sumbangsih nyata kepada tanah air, bangsa dan negara.
6. Abu-abu (Red:220, Green:222, Blue:219,) berarti ketabahan.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About