Rabu, 19 Februari 2014

Posted by Unknown
No comments | 03.52
Sejarah SMA N 1 Slawi
Pada tahun 1960 Slawi telah dipersiapkan sebagai Ibukota Kabupaten Tegal, tetapi belum memiliki Sekolah Lanjutan Atas padahal tamatan sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Kota Slawi dan sekitarnya cukup besar. Maka pembangunan SMA sebagai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dirasakan begitu mendesak.
Bertitik tolak dari kenyataan tersebut, maka tokoh–tokoh pendidikan dan tokoh–tokoh masyarakat di Kabupaten Tegal merintis pembangunan Sekolah Menengah Atas yang di awali dengan pembentukan Panitia Pembangunan Gedung Sekolah Lanjutan atau PGSL, yang diketuai oleh Bapak Oemar Chasan selaku Patih Kabupaten Tegal.
Berbagai rintangan baik fisik maupun non fisik telah dapat dilalui, maka pada tanggal 1 Agustus 1962 berdirilah Sekolah Menengah Atas di Slawi dengan menempati salah satu bangunan bekas pabrik gula. Para perintis pun berupaya mengubah hal–hal yang berbau pabrik menjadi gedung sekolah, walaupun pada saat itu masih dalam bentuk yang sangat sederhana, karena dindingnya dapat diterobos para siswanya. Saat itu SMA yang dibangunnya berstatus: SMA SWASTA yang dipersiapkan negeri.
Upaya penegerian pun dilakukan, rupanya upaya SMA untuk menjadi negeri tidaklah semudah membalik kedua telapak tangan. Kurangnya guru tetap, terbatasnya alat–alat pelajaran, alat–alat administrasi dan , minimnya pemasukan keuangan, serta harus menutup dinding– inding yang berlubang menjadi masalah utama menuju SMA Negeri. Akhirnya Panitia PGSL menyerahkannya kepada ketua DPRGR Daswati II Kabupaten Tegal, sebagai jawabannya keluarlah SK Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Indonesianomor : 59/SK/B/III/1963 memutuskan sejak tanggal 1 Agustus 1963 SMA Swasta di Slawi beralih status menjadi SMA NEGERI GAYA BARU
Selanjutnya peresmian penegeriannya dilaksanakan pada tanggal 23 September 1963 yang di hadiri oleh Para Pejabat Inspeksi Pusat Jakarta, Pejabat PD dan K Jawa Tengah, Catur Tunggal Daswati I Jawa Tengah, Catur Tunggal Karesidenan Pekalongan, Catur Tunggal Daswati II Tegal, dan Orang Tua Murid.
Malam harinya dilaksanakan malam gembira dengan menampilkan berbagai hiburan dari masyarakat termasuk kreativitas seni dari siswa SMA Negeri Gaya Baru Slawi.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/SMA_Negeri_1_Slawi

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About